BeritaBerita Cabang - RantingBerita Ortom

Muscab PCPM Kajen : Ikhtiar Menyegarkan dan Menggairahkan Organisasi

Pekalonganmu.com – Musyawarah Cabang (Muscab) Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) merupakan permusyawaratan tertinggi di tingkat pimpinan cabang Pemuda Muhammadiyah, yang mempunyai peran strategis untuk menentukan keberlangsungan Pemuda Muhammadiyah di tingkat cabang. Muscab merupakan agenda rutin 4 (empat) tahunan, satu periodesasi kepemimpinan, sama dengan Muktamar di tingkat pusat, Musyawarah Wilayah di tingkat wilayah (provinsi), dan Musyawarah Daerah di tingkat daerah (kabupaten/kota). Muscab memiliki agenda strategis kelanjutan pimpinan cabang, yaitu Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) sebagai bentuk evaluasi program kerja dan kebijakan organisasi, perumusan program kerja dan kebijakan organisasi satu periode ke depan, dan pemilihan pimpinan cabang selanjutnya.

PCPM Kajen, merupakan salah satu pimpinan cabang Pemuda Muhammadiyah yang ‘terlambat’ dalam melakukan muscab. “Muscab PCPM Kajen sebenarnya termasuk terlambat, tapi Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan sangat mengapresiasi dan mendorong pelaksanaan muscab ini, karena muscab adalah upaya menyegarkan kaderisasi dan menggairahkan gerakan organisasi,” ungkap Muhammad Mirwan, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan, dalam sambutan Upacara Pembukaan Muscab PCPM Kajen, Ahad 25 Maret 2018. Karena periodesasi Muktamar XVI adalah 2014-2018, sehingga tahun 2018 merupakan tahun terakhir periodesasi Muktamar XVI dan pada tahun 2018 akan dilaksanakan Muktamar XVII.

Dalam amanat Pembukaan Muscab, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kajen, yang disampaikan oleh Sekretaris, Bapak Masyhudi, menyampaikan beberapa pesan, diantaranya adalah betapa pentingnya peran Pemuda Muhammadiyah dalam ber-Muhammadiyah. Khususnya Kajen yang merupakan ibukota Kabupaten Pekalongan, dan telah memiliki Amal Usaha Muhammadiyah yang cukup besar, seperti Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM), SMK Muhammadiyah, MTs Muhammadiyah, yang menuntut peran aktif yang lebih besar dari Pemuda Muhammadiyah sebagai organisasi kader, pelopor, pelangsung, dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah.

Kegiatan Muscab ini diselenggarakan di Gedung Serba Guna Sekolah Sepak Bola (SSB) Muhammadiyah Kajen pada hari Ahad tanggal 25 Maret 2018. Dengan diikuti oleh 65 peserta yang berasal dari PCPM Kajen, dan tidak kurang dari 15 Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah yang aktif.

Rangkaian Agenda pokok Muscab diakhiri dengan pemilihan 9 anggota formatur PCPM Kajen, yang terdiri dari Ahmad Muzaki (Tanjung Kulon), Ady Widiyanto (Nyamok), Muhammad Ikmal Huda (Kajongan), Akhmad Khaerudin (Kajen), Agung Dwi Hanggoro (Sokoyoso), Muhammad Nasyit Faiqi (Gejlig), Pujo Antoko (Tambakroto), Yuli Prabowo (Gejlig), dan Muhammad Riza Bahtiar (Kalijoyo). Dari 9 orang anggota formatur tersebut melakukan sidang formatur, yang kemudian bersepakat memberikan amanah kepada Ady Widiyanto sebagai ketua dan Muhammad Ikmal Huda sebagai Sekretaris, untuk memimpin PCPM Kajen selanjutnya.

Fastabiqul  Khairat!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button