Berita AUM

Wujudkan Misi Sebagai Media Kaderisasi dan Dakwah Muhammadiyah, UMPP Gelar Baitul Arqom Pimpinan Universitas

BATANG – Dalam rangka meneguhkan ideologi serta mengembangkan dan menjadikan kampus Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) sebagai media kaderisasi dan dakwah Muhammadiyah yang berkemajuan, UMPP menyelenggarakan kegiatan Baitul Arqom bagi Pimpinan Universitas, Selasa-Kamis, 9-11 Januari 2024 di Agrowisata Pagilaran, Kabupaten Batang. Kegiatan tersebut diikuti oleh 53 pimpinan UMPP yang terdiri dari Badan Pengurus Harian (BPH), rektor, wakil rektor, dekan, wakil dekan, kepala Lembaga, kepala biro dan ketua program studi.

Baitul Arqom Pimpinan UMPP

Rektor UMPP, Dr. Nur Izzah, S.Kp. M.Kes. dalam sambutannya menyatakan bahwa Baitul Arqom adalah kegiatan rutin yang wajib diikuti oleh seluruh Pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Rektor juga menyampaikan harapannya agar melalui Baitul Arqom, Pimpinan UMPP dapat memperkuat semangat bermuhammadiyah dan semangat memajukan amal usaha Muhammadiyah. Selain itu, baitul arqom ini bertujuan untuk menyatukan tujuan dalam memajukan UMPP yang akhirnya akan mensejahterakan bersama.

Sementara itu, Badan Pengurus Harian UMPP, H. Abdul Shomad SE, dalam sambutannya menyampaikan bahwa UMPP merupakan satu tubuh yang dibuat, didirikan untuk bersama-sama tumbuh. “Sengkuyung bareng membesarkan UMPP, supaya UMPP menjadi kebanggaan bersama dan melesat. Kegiatan ini diharapkan bisa mempererat hubungan di antara pimpinan UMPP dan untuk bersama-sama merancang langkah-langkah strategis dalam menghadapi tantangan masa depan”, tutur Shomad.

Kegiatan yang dipandu oleh Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah tersebut terdiri dari kegiatan pre-tes dan post-tes, materi, sholat berjamaah, tadarus, soft skill, dan outbond. Materi-materi yang disampaikan antara lain pengembangan jaringan dan negosiasi, Perguruan tinggi Muhammadiyah sebagai media dakwah, Pemahaman Agama Islam, Hakekat Islam : Peran Tauhid, Manhaj tarjih, Revitalisasi kader Muhammadiyah, Pedoman Hidup Insani Warga Muhammadiyah (PHIWM) : Mengelola Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), Risalah Islam Berkemajuan, Tuntunan ibadah sesuai tarjih, serta Dakwah di tengah gelombang informasi dan teknologi.

Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D, menegaskan bahwa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) merupakan media dakwah. Oleh karena itu, menurut Suyuti, pimpinan PTM berkewajiban untuk menyamakan persepsi dalam mengelola PTM.

Sekretaris PP Muhammadiyah, Muhammad Suyuti

“Dalam pelaksanaan pendidikan, pimpinan harus membawa misi dakwah. Menempatkan seluruh warga PTM sebagai kaderisasi dan pelaku dakwah Muhammadiyah. PTM merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan kepada Muhammadiyah. Muhammadiyah memiliki PTM di seluruh Indonesia, bahkan Muhammadiyah juga mendirikan sekolah di Australia yang berada di kota Melton, Melbourne, dengan nama Muhammadiyah Australia College (MAC). Organisasi Muhammadiyah secara resmi diterima di Australia, Jepang, Jerman, dan USA”, ungkap Suyuti. (Gigs)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button