Berita AUM

Tingkatkan Kualitas Lulusan Farmasi, UMPP Gelar Kuliah Umum Bersama Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

PEKALONGAN – Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikkes) Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) menyelenggarakan kegiatan kuliah umum bersama pakar dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr. Agi Wihastomo Nugroho, Sp. OG, Jum’at, 19 Januari 2024 di aula gedung rektorat UMPP. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Program Studi Sarjana Farmasi, apt. Dwi Bagus Pambudi, M. Farm., MH(kes), dan diikuti oleh para mahasiswa program studi Sarjana Farmasi, perwakilan mahasiswa program studi di lingkungan Fakultas ilmu kesehatan dan masyarakat umum.

peserta kuliah umum farmasi umpp

Ketua panitia, apt. St. Rahmatullah, S.Farm., M.Si, menyampaiakan tujuan diselenggarakannya kuliah umum tersebut adalah untuk menambah wawasan, penguatan kompetensi dan pengetahuan mahasiswa tentang apa saja ciri ketidakseimbangan hormon dalam tubuh remaja ditinjau dari perspektif terapi klinik dan komplement. Kegiatan kuliah umum tersebut merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan untuk menambah wawasan mahasiswa tentang perkembangan isu kesehatan global yang berkaitan dengan masalah kesehatan di Indonesia.

Sementara itu, pembicara dr. Agi Wihastomo Nugroho, Sp. OG, menyampaikan tema asuhan kefarmasian klinik dan komplement pada ketidakseimbangan hormon remaja. Tema tersebut diambil karena masa remaja kerap dianggap sebagai masa-masa untuk mencari jati dirinya seorang anak. Berangkat dari alasan tersebut, anak-anak yang memasuki usia remaja cenderung labil dan rentan stres.

Dokter Agi menjadi pembicara kuliah umum di UMPP

“Banyak yang tidak menyadari jika stres yang berkelanjutan mampu mendatangkan berbagai penyakit. Hormon adalah senyawa biokimia dalam tubuh yang berperan penting dalam setiap fungsi tubuh. Kadar setiap jenis hormon di dalam tubuh harus tetap seimbang agar organ-organ dan kelenjar dapat bekerja dengan baik. Akan tetapi, saat memiliki gaya hidup atau pola makan yang tidak sehat, tubuh bisa saja menunjukkan ciri-ciri gangguan hormon”, ungkap dokter Agi.

Menurut Agi, terapi hormon merupakan metode terapi pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi medis yang berhubungan dengan gangguan hormonal. Terapi tersebut digunakan untuk menjaga kadar hormon tetap terkendali dan membantu pengobatan penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

“Ada berbagai jenis terapi komplementer yang biasa digunakan remaja untuk mengelola masalah kesehatannya. Kompres air hangat, air rebusan jahe, dan olahraga adalah beberapa terapi pelengkap yang paling populer digunakan oleh remaja untuk mengatasi nyeri haid”, terang dokter Agi.

Dokter Agi juga memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk rajin belajar dan tekun agar cita-citanya tercapai. “Dibandingkan zaman dahulu, belajar dengan kondisi yang minim, sekarang sudah tersedia fasilitas”, ungkap dokter Agi. Dokter Agi juga memberikan semangat untuk melanjutkan kuliah melalui beasiswa baik kepada mahasiswa putra maupun putri. Menurut dokter Agi, beasiswa banyak disediakan pemerintah yang bisa diakses oleh siapa saja. (AM)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button